Kejari Loteng Raih Predikat Terbaik di Empat Kategori

MATARAM – Upaya maksimal yang dilakukan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah (Loteng) dalam rangka melakukan penegakan dan supremasi hukum membuahkan hasil yang maksimal. Bertempat di Aula Kantor Kejati NTB saat digelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti pejabat Eselon II, III dan IV se-wilayah Kejati NTB, Kejari Loteng diberikan anugerah predikat terbaik pada empat kategori penilaian.

Kepala Kejaksaan Negeri Loteng melalui Kepala Seksi Intelijen, I Made Juri Imanu SH MH menyatakan, rakor yang digelar Kejati NTB itu dirangkaiakan juga dengan kegiatan penyerahan penghargaan pada berbagai kategori yang menjadi penilaian di masing-masing Seksi. Pada penghargaan ini, Kajari Loteng berhasil mendapatkan juara tiga besar pada empat kategori penilaian.

“Kami bersyukur atas juara yang kami raih. Ini merupakan kado akhir tahun terindah bagi kami,” kata Juri Imanu.

Empat kategori penghargaan yang berhasil diraih Kejari Loteng diantaranya, juara pertama di bidang Satuan Kerja dengan Penyelesaian Perkara dengan Pendekatan Keadilan Restoratif Tahun 2023 se-NTB. Dengan capaian kinerja di bidang Pidum ini, pihaknya mengaku telah berhasil menyelesaikan 12 Perkara Restoratif Justice di Loteng.

Kemudian pihaknya berhasil berada di peringkat kedua se-Kejati NTB dalam Satuan Kerja dengan Pelaporan Kinerja Bidang Pidana Umum Terbaik Tahun 2023 se-NTB. Penghargaan selanjutnya berhasil pada posisi peringkat ketiga pada kategori satuan Kerja dengan Satuan kerja Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Kinerja Datun Terbaik Tahun 2023 se-NTB.

Dimana dengan capaian kinerja bidang Datun telah berhasil menyelesaikan Memorandum of Understanding (MoU) sejumlah 149 MoU, Surat Kuasa Khusus sejumlah 95 SKK, Legal Assistance (LA) sejumlah 34 paket, dan Legas Oppinion (LO) sejumlah 2 desa.

“Khusus di bidang Datun, berdampak besar kepada keberhasilan dalam upaya penegakan hukum di jajaran Pemkab Loteng dan dianggap berhasil mendampingi pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten dalam mengelola anggaran yang sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelasnya.

Dan penghargaan yang keempat, Kejari Loteng berhasil mendapatkan peringkat ketiga dalam satuan Kerja dengan Responsibilitas dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Terbaik Tahun 2023 se-NTB. Dari empat penghargaan yang diterima, ini akan dijadikan motivasi untuk terus bekerja secara profesional dalam hal penegakan hukum di wilayah Loteng.

Sehingga di tahun-tahun berikutnya bukan hanya kepercayaan Kejati yang menjadi fokus raihan prestasi, namun kepercayaan masyarakat yang paling utama untuk terus ditingkatkan kedepannya.

“Penghargaan ini akan menjadi modal kami untuk terus bekerja keras, bagaimana meningkatkan kepercayaan masyarakat akan pentingnya penegakan hukum,” terangnya.

Dan yang tidak kalah penting, kecepatan, kualitas dan kuantitas dalam pengiriman laporan dari Kejari Loteng ke Kejati NTB yang akan terus dibenahi dan ditingkatkan kedepannya. Sehingga kedepan apapun bentuk pelayanan dan penanganan kasus yang sedang ditangani selama ini bisa dengan segera mendapatkan respon penanganan yang terbaik dari unsur pimpinan ditingkat yang lebih tinggi. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *