Usai Dilantik, Lalu Sungkul akan Siapkan Terobosan Baru Majukan Pariwisata

LOMBOK TENGAH – Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah akan menerapkan terobosan baru untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta dan kawasan penyangga lainnya. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Lalu Sungkul usai menjalani sumpah jabatannya di Ballroom Lantai 5 Kantor Bupati setempat, Rabu (31/01/2024).

Sungkul mengatakan, pada prinsipnya untuk meningkatkan kemajuan pariwisata, langkah awal yang harus dilakukan ialah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) insan pariwisata. Artinya, percuma daerah ini memiliki destinasi wisata yang baik, namun pelaku pariwisata tidak memiliki kemampuan dan skill mumpuni.

“Insan pariwisata ini harus mampu bersikap dan bertindak di destinasi wisata. Mereka harus mampu menjaring tamu-tamu atau wisatawan kelas elit secara berkesinambungan,” kata Sungkul.

Menurutnya, untuk menciptakan destinasi pariwisata yang berkembang, tentu harus diimbangi dengan keamanan dan kenyamanan wilayah. Sehingga, penting untuk dilakukan pelatihan kepada insan pariwisata itu sendiri. Baik itu para peramu wisata, pokdarwis dan tim keamanan.

“Untuk menarik minat wisatawan kelas elit, tentu masalah keamanan dan kenyamanan daerah harus diprioritaskan terlebih dahulu. Jadi, penataan SDM ini penting kita lakukan,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *